Author: Jovie Dhy
•Tuesday, December 27, 2011
pregnant women, perut nyeri saat hamil tua, perut nyeri bagian bawah, kaki kram saat hamil, perut nyeri, ibu hamil aktifMentang-mentang lagi hamil nih, jadi yang dibahas tentang kehamilan terus. Setelah saya menulis tentang Cara Mengatasi Kram saat Hamil, sekarang nulis tentang Perut Nyeri Bagian Bawah saat Hamil. Sebenarnya tulisan saya ini hanya hanya berdasarkan pengalaman pribadi aja, jadi gak ada tips-tips serius seperti di bidan dan dokter yah itung-itung curhat, gitu...coz maybe banyak Ibu-Ibu hamil yang merasakan hal yang sama :).*kan ini blog pribadi, Bu*. Btw, lanjut yukz ngomongin soal Perut Nyeri saat Hamil.

Kemaren-kemaren pada kehamilan menginjak 6-7 bulan, 7-8 sampai sekarang 8-9 perut selalu terasa sangat nyeri di bagian bawah, agak ketakutan juga sih karena pas tidur juga rasanya gak nyaman banget..bener-bener nyeri sekali rasanya perut kayak ditarik-tarik gitu..akhirnya saya berkali-kali ke dokter dan cek kehamilan saya dan menanyakan ke dokter, karena meskipun hamil..saya masih aktif kerja di kantor yang tiap hari bolak balik naik motor roda dua, bermacet-macetan di jalan, kehujanan dan kepanasan, then masih nyuci baju sendiri, trus masak buat suami..belum lagi kalau nemenin suami pergi pasti deh diajak ngebut *suami lupa kalau istrinya hamil kali, tapi yang diboncengin juga seneng...hehe*, belum lagi diriku semenjak hamil sudah jatuh sekitar 5x, dan sempat kecelakaan motor.

Namun, setelah saya tanyakan ke Dokter, si Dokter bilang bahwa hal itu normal karena Jabang Bayi sedang mencari jalan untuk keluar, jadi posisi kepala bayi udah dibawah. Makanya akan merasa nyeri sekali, tapi gak apa..karena setelah di cek dan di USG keadaan bayi *kata dokter* sangat bagus dan sangat sehat. Pas saya bilang "Takut melahirkan di jalan karena nyeri sekali", Si Dokter malah ketawa dan bilang bahwa "itu gak akan terjadi karena usia bayi belum menginjak ke Melahirkan kok". Huaaa agak tenang deh mendengar jawab sang dokter dan Sang Bidan.

Then, saya baca di bidanku.com : "Pada akhir usia kehamilan, keluhan seperti itu memang paling sering dialami oleh para ibu hamil dan ini wajar...hal ini disebabkan pada saat usia kehamilan ini kepala bayi sudah masuk panggul...dan sering memberikan efek pada bagian bawah perut.."

Nah, setelah merasakan nyeri-nyeri pada perut bagian bawah dan mendengar jawaban Dokter seperti diatas, alternatif supaya saya bisa tidur nyaman adalah miring ke kiri dan di kasih alas bantal tipis, lumayan nyaman...Dan untuk nyeri ini, kayaknya sih ada hubungannya sama Kram kaki. Karena menurut saya sih..setelah perut terasa ditarik-tarik dan bayi mencari jalan, perut dalam proses membesar setelah itu saya rasakan Kram sekitar 3-4 hari, lalu perut sudah gak terasa sakit tapi si Jabang Bayi gerak makin aktif dan tidak merasakan Kram lagi. Then pas bulan berikutnya juga sama, tiba-tiba perut merasa sangat nyeri bagian bawah, tidur tidak nyaman serasa kekenyangan..lalu kaki kram terus-terusan pas tidur malam hari, then gerakan bayi makin aktif dari sebelumnya.

And sekarang sudah menginjak 8-9 perut bagian bawah makin nyeri dan berkali-kali kencing, mudah lapar tapi makan sedikit cepat sekali kenyang, tidur harus super hati-hati dengan posisi kaki, jika tidur kaki tertekuk jangan sampai kelupaan meluruskan dalam waktu mendadak harus sangat pelan karena akan Kram, then saat bangun harus duduk dulu beberapa saat gak bisa langsung bangun dan lari melakukan aktifitas seperti sebelumnya karena akan terasa pusing.

Related Posts by Categories




Photobucket
This entry was posted on Tuesday, December 27, 2011 and is filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Post a Comment